Cara Menentukan Tema Blog

Cara Menentukan Tema Blog
Cara Menentukan Tema Blog

Bagaimana Cara Menentukan Tema Blog ? ? Ini merupakan tahap awal yang perlu anda lakukan sebelum membuat sebuah blog. Artikel ini pun demikian, sebagai artikel pembuka dari bagian panduan cara membuat blog, dan mencari uang lewat blog. Apabila anda adalah seorang pemula yang ingin membuat blog, maka saya rekomendasikan membaca panduan tersebut mulai dari tahap satu ke tahap selanjutnya.

Sekarang coba kita bahas mulai dari titik paling awal. Banyak orang yang bertanya, kenapa saya harus menentukan tema blog ? Bukannya membuat blog itu ya tinggal buat saja, nanti artikel isi seadanya saja tergantung saya mau nulis apa.

  • Jika begitu maka saa harus bertanya kembali kepada anda, apa sebenarnya anda melakukan blogging ?
  • Apakah anda ingin blogging hanya untuk sebagai sarana berekspresi ?
  • Atau anda ingin blogging untuk sekedar untuk berbagi ?
  • Apakah anda blogging untuk mendapatkan banyak traffik (Pengunjung) dan mengkonversikan mereka menjadi sumber penghasilan anda atau yang biasa disebut mencari uang lewat blog ?
  • Mungkin anda blogging untuk mempromosikan barang jualan anda ?
  • Dari keempat point tersebut, sekarang coba anda posisikan diri anda berada di point yang mana ?

Jika anda berada pada point 1 dan 2 maka anda tidak perlu repot-repot menentukan tema dari blog yang akan anda buat, karena anda bebas mengisi artikel apa saja disana tergantung keinginan anda. Namun jika alasan anda blogging adalah pada point 3, maka anda perlu sekali untuk menentukan tema blog anda. Ada beberapa alasan mengapa anda perlu menetukan tema blog sedini mungkin ?

  • Menentukan tema blog dapat mempengaruhi potensi traffik yang akan blog anda dapatkan.
  • Menentukan tema blog dapat membuat anda berpikir, kira-kira topik apa yang kira-kira anda kuasai ? Sehingga nantinya anda tidak akan bingung dalam hal membuat artikel.
  • Menentukan tema blog dapat memberikan anda gambara dari para kompetitor blog anda.
  • Dari ketiga point diatas saya akan coba bahas satu persatu secara singkat.

Cara Menentukan Tema Blog

  1. Menentukan tema blog dapat mempengaruhi potensi traffik

Apakah tema sebuah blog dapat mempengaruhi potensi traffik yang nantinya akan didapatkan ? Jawabannya tentu saja iya. Perlu anda ketahui bahwa berbeda tema dari suatu blog, maka berbeda juga potensi traffik yang akan didapatkan.

Sebagai contoh jika saya bandingkan kedua tema yaitu ?Handphone? dan ?Pertanian?. Dari kedua tema diatas, menurut anda kira-kira yang mana yang memiliki jumlah peminat paling tinggi ?

Saya pribadi mengira bahwa tema Handphone lah yang memiliki minat paling tinggi. Karena hampir kebanyakan orang lebih memilih untuk membaca artikel mengenai Handphone dibadingkan dengan artkel pertanian.

Namun anda juga harus tahu bahwa semakin populer sebuah tema maka semakin banyak juga orang yang terjun ke dalam tema tersebut. Itu artinya semakin populer temanya, kompetitor anda akan banyak sekali dan tentunya semakin besar juga tantangannya.

Lalu bagaimana caranya mengetahui bahwa tema tersebut populer ? dan seberapa ketat persaingannya ? Anda bisa menggunakan tool dari Google yang bernama Google Keyword Planner , anda juga bisa membaca panduan menggunakan tool ini pada artikel Riset Kata Kunci dengan Google Keyword Planner.

Semakin besar persaingan dari suatu tema blog maka itu akan membuat optimisasi blog semakin sulit. Anda perlu melakukan teknik SEO yang lebih efisien untuk dapat bersaing dengan para kompetitor anda.

Namun itu bukan berarti bahwa anda tidak dapat memilik tema populer karena banyaknya kompetitor.

Sebagai tambahan saya punya beberapa daftar untuk tema blog yang bisa anda gunakan berdasarkan pengetahuan saya :

  1. Berita
  2. Kesehatan
  3. Otomotif
  4. Rekreasi
  5. Hiburan
  6. Bisnis
  7. Komputer
  8. Teknologi
  9. Ilmu Pengetahuan
  10. Jual Beli
  11. Olahraga
  12. Blogging
  13. Internet
  14. Travel
  15. Menentukan Tema Blog sesuai dengan yang anda kuasai

Selain memperhitungkan potensi traffik yang bisa anda dapatkan, anda juga harus mengerti seberapa mampu anda dalam tema yang akan anda pilih. Banyak kasus dimana blogger hanya memilih tema karena tergiur dengan potensi traffik yang bisa didapatkan, tapi di satu sisi dia tidak benar-benar menguasai tema tersebut. Jika sudah begitu, pada akhirnya banyak dari mereka yang kandas di tengah jalan karena tidak tahu lagi apa yang harus dibuatnya.

Seriuslah dalam membangun blog anda mulai dari tema yang anda pilih, biasanya blog yang konsisten dengan tema atau nichenya memiliki kekuatan tersendiri di mata mesin pencari (menurut saya). Tapi itu bukan berarti bahwa blog dengan tema yang luas atau campuran seperti berita kurang baik. Masing-masing baik untuk anda pilih, hanya saja semakin luas topik pembahasannya maka semakin besar juga usaha yang harus anda lakukan.

  1. Menentukan Tema Blog dapat Menggambarkan Kompetitor

Sudah saya bahas di atas bahwa semakin luas dan populer sebuah tema, maka jumlah kompetitor yang akan anda temui pun semakin besar. Sebagai contoh coba anda ketikan kata kunci ?Hp Andorid? melalui Google dan lihat hasilnya.

Berdasarkan hasil pencarian dari kata kunci tersebut anda bisa lihat bahwa muncul sebesar 831.000 hasil. Dan jika anda lihat urutan pertama sampai dengan ketiga di isi oleh iklan sedangkan untuk urutan keempat dan kelima diisi oleh para website besar seperti rajahape dan lazada. Itu menandakan bahwa kata kunci tersebut memiliki persaingan yang cukup ketat dan bisa anda lihat dari pada kompetitor yang ada.

Jika anda memilih tema yang memiliki persaingan berat seperti ini maka sekali lagi, anda harus benar-benar cermat dalam melakukan pemilihan kata kunci pada blog anda. Karena jika anda menembak kata kunci 2 kata seperti yang saya contohkan maka saya rasa sangat berat untuk bisa masuk ke urutan 5 besar pencarian Google.

Dari pemaparan yang saya jelaskan diatas saya harapkan bahwa saudara bisa memilih tema yang tepat untuk blog baru anda. Karena pemilihan tema nantinya akan menentukan perjalanan blog anda. Jadikan semua hal di atas sebagai panduan bagi anda dan pada akhirnya anda sendiri lah yang harus memilih.

Semoga artikel kali ini mengenai Bagaimana Cara Menentukan Tema Blog bermanfaat. Silakan baca tahapan selanjutnya yaitu Cara Membuat Blog Gratis di Blogger. Happy blogging !

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*