Blog Anda Di deface/Hack ? Ketahui Cara Memperbaikinya

Blog Anda Di deface/Hack ? Ketahui Cara Memperbaikinya
Blog Anda Di deface/Hack ? Ketahui Cara Memperbaikinya

Beberapa hari yang lalu saya sempat kaget dan panik dikarenakan salah satu blog WordPress saya terkena Hack/Deface. Saya baru sadar bahwa blog saya tersebut di deface 2 hari setelahnya. Pantas saja traffik pada grafik site stats milik jetpack seketika menurun tajam sampai ke angka 0. Tidak hanya tampilan homepage yang diubah, ketika saya ingin coba login kedalam backend WordPress itu sendiri pun ternyata tidak bisa diakses dikarenakan password dari user sudah diganti.

Kemudian saya coba menggunakan fasilitas forgot password pun tetap saja tidak bisa. Sambil bingung dan merasa kesal saat itu saya melakukan browsing sana-sini, coba bertanya dibeberapa forum dan blog yang membahas seputar hal tersebut, akhirnya saya menemukan cara memperbaiki blog saya yang dihack tersebut.

Cara Memperbaiki Blog yang Di Deface/Hack

  1. Cari File Index dan lihat isinya

Hal pertama yang saya lakukan ketika itu adalah dengan login ke akun cPanel saya dan meneliti setiap file index.html atau index.htm pada folder public_html.

Jika ada yang aneh dalam file index tersebut, silakan hapus fie tersebut. (Ingat, hanya index.html atau index.htm, untuk file index.php jangan diapa-apain !)

  1. Ganti isi dari file Index.php

Jika anda sudah mencoba cara pertama dan ternyata masih belum berhasil. Sekarang coba ganti isi file index.php pada folder public_html dengan isi sebagai berikut :

<?php

/**

* Front to the WordPress application. This file doesn’t do anything, but loads

* wp-blog-header.php which does and tells WordPress to load the theme.

*

* @package WordPress

*/

/**

* Tells WordPress to load the WordPress theme and output it.

*

* @var bool

*/

define(‘WP_USE_THEMES’, true);

/** Loads the WordPress Environment and Template */

require(‘./wp-blog-header.php’);

?>

Setelah anda mengubah isi file index.php dari blog anda, sekarang coba bersihkan cache pada browser anda dan buka kembali blog anda. Apakah berhasil ? Jika tidak maka coba langkah terakhir dibawah.

  1. Minta Blog anda agar direstore

Jika kedua cara diatas masih belum berhasil maka langkah terakhir yang harus anda lakukan adalah dengan meminta kepada penyedia layanan hosting untuk melakukan restore tepat sebelum blog anda di deface atau di hack.

Anda bisa meminta langsung dengan menghubungi jasa penyedia layanan hosting anda atau dengan mengajukan ticket support.

Blog saya sendiri akhirnya saya minta restore karena hampir setiap cara yang saya dapatkan tidak berhasil juga untuk memperbaiki blog saya yang di deface. Setelah di restore, sekarang blog saya sudah berjalan normal kembali.

Demikian artikel kali ini mengenai Cara Memperbaiki Blog yang Di Deface/Hack, semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*